11 Kunci Sukses Toko Online
Membuka toko online tampaknya
mudah. Dalam menjalankan bisnis toko online anda, butuh komitmen, ketelatenan
dan kerja keras. Berikut 11 kunci sukses toko online untuk mendapatkan hasil
yang berlimpah :
1. Foto
Produk
Foto produk anda haruslah asli. Buatlah tampilan foto produk semenarik mungkin. Jika menjual produk fashion anda bisa menampilkan foto produk anda dengan manekin atau jika usaha anda cukup berkembang anda bisa menggunakan jasa model dan fotografer. Perhatikan kualitas foto produk anda. Foto jangan terlalu kecil apalagi sampai gambarnya pecah. Foto harus cukup menarik perhatian dan minat calon customer anda. Bila perlu anda bisa menampilkan gambar produk tampak depan, samping dan belakang.
2. Informasi
Produk Lengkap
Berikan informasi mengenai
produk anda selengkap mungkin, baik dari segi bahan, ukuran, warna dan detail
lainnya. Semakin lengkap semakin baik. Sehingga calon customer anda tidak perlu
bertanya lagi kepada anda karena informasi cukup lengkap.
3.
Kontak
yang Jelas
Berikan sebanyak mungkin alternatif kontak. Anda bisa berikan nomor handphone, PIN BlackBerry, alamat email, akun facebook, akun line, Yahoo Messenger, dll.
4.
Respon cepat
Saat calon pembeli menghubungi
via telepon,message fb, SMS, BBM, atau YM jangan menunda untuk memberikan
respon. Segera berikan respon jika kondisi Anda tidak sedang sibuk.
5.
Respon calon pembeli meski
terlambat
Meskipun terlambat cobalah untuk
memberikan respon. Jangan diabaikan sama sekali. Jika anda abaikan, hal ini
akan memberikan kesan negatif. Dan calon customer akan sungkan untuk order.
6.
Miliki banyak rekening bank
Berikan banyak alternatif rekening bank untuk melakukan transfer
pembayaran.
7.
Berikan kepastian dan tepati
Transparansi mengenai stok
barang yang dijual, kapan bisa tersedia dan kapan bisa sampai ke tangan mereka sangat
diharapkan customer anda. Jangan mempermainkan customer dengan memberikan
ketidakpastian informasi apalagi memberikan janji yang belum tentu bisa
ditepati. Berikan nomor resi pengiriman barang agar customer bisa mengecek
posisi paket kiriman mereka.
8.
Petunjuk pembelian yang jelas
Setiap toko online memiliki
cara pembelian yang kadang berbeda. Buatlah tata cara order yang jelas.
Sehingga customer lebih mudah untuk order.
9.
Perincian harga barang dan
ongkos kirim
Berikan rincian harga barang
dan ongkos kirim dengan jelas. Jangan sampai merugikan salah satu pihak.
10. Update
terus menerus
Rajinlah untuk update produk.
Makin sering anda update menunjukan bahwa toko online anda aktif.
11. Desain
dan navigasi yang ramah
Desain dan navigasi website
anda membuat betah calon customer anda. Perhatikan juga kemudahan mengakses
website toko online anda. Bila perlu anda bisa menyiapkan versi mobile untuk
website toko online anda. Sehingga bisa menjaring customer dari pengguna
ponsel.
Posting Komentar
0 Komentar